10 Usaha Anak Muda Di Desa Minim Modal

Saat ini ada banyak cara untuk menghasilkan uang dan mencapai kesuksesan. Tidak lagi kesuksesan hanya dapat dicapai dengan bekerja di kantor setiap hari selama 5 hari dalam seminggu. Tidak semua kesuksesan datang dari pekerjaan rutin dan tetap hingga menua. Dunia yang terus berkembang dan berubah memunculkan peluang kesuksesan lain, yaitu dengan memiliki usaha sendiri.

Sebagai pemilik usaha sendiri, pelakunya disebut sebagai pengusaha. Berbeda dengan pekerja yang menerima gaji setiap bulannya, pengusaha adalah pemberi gaji untuk para pegawainya. Pastinya dalam skala yang besar, pengusaha menghasilkan penghasilan yang lebih banyak dari bekerja harian.

Hal yang dijelaskan di atas membuat semakin banyak orang ingin memiliki usaha dan menjadi pengusaha. Khususnya anak muda saat ini sudah semakin terbuka dan tidak lagi kolot memandang bahwa penghasilan hanya bisa didapatkan melalui bekerja. Baca Cara Jualan Online Tanpa Modal Omset Puluhan Juta Perbulan

Advertisements

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan dan tidak terbatas harus di kota. Ada usaha anak muda di desa yang bisa dicoba dan beberapa usaha sebelumnya telah terbukti berkembang dengan baik. Jadi bagi anda yang tertarik memulai usaha sebagai anak muda di desa, maka anda perlu belajar dari kesuksesan usaha-usaha sebelumnya. Anda tidak tahu di mana bisa menemukan informasi mengenai usaha anak mudah di desa ini? Penjelasan lengkapnya akan disampaikan pada bagian berikut ini.

10 Usaha Anak Muda di Desa Menuju Kesuksesan

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan oleh anak muda untuk mewujudkan impiannya sukses. Walau usaha di kota besar terlihat lebih menjanjikan, tidak membuat usaha di desa menjadi tidak menjanjikan.

Ada banyak peluang usaha yang bisa sukses di desa dan bisa dikelola oleh anak muda. Informasi untuk anda yang tertarik membangun usaha di desa, maka simak rekomendasi 10 jenisnya berikut ini.

 

  1. Berjualan Alat Bertani

Peluang usaha yang pertama adalah berjualan alat bertani. Desa memiliki banyak petani yang aktif mengolah lahan. Anda bisa menjual berbagai alat bertani yang bisa membantu petani lebih mudah melakukan aktivitasnya. Kenalkan alat-alat baru yang belum ditemui petani di desa anda. Baca 6 Investasi Modal Kecil Yang Menguntungkan Pemula

  1. Berjualan Oleh-oleh Khas Daerah

Sebagai anak muda, anda harus kreatif dalam melihat peluang usaha di desa anda. Apa hasil bumi yang bisa diolah menjadi oleh-oleh khas daerah anda? Kumpulkan sumber dayanya dan lakukan pengolahan menjadi jenis oleh-oleh yang menarik. Contohnya seperti tas rotan dari Banjar.

Advertisements
  1. Berjualan Online

Kemajuan layanan internet semakin pesat setiap waktunya. Anda pun bisa tururt memanfaatkan perkembangan internet ini untuk berbisnis online. Namun karena anda berdomisili di suatu desa, pastikan untuk berjualan online barang yang unik dan ada di daerah anda. Jadi apa yang anda jual dicari dan dibutuhkan oleh konsumen yang khusus.

  1. Berjualan Pulsa

Cobalah juga untuk berjualan pulsa di daerah desa anda. Walau memang saat ini desa pun sudah semakin maju dan banyak pengguna handphone. Namun menjual pulsa yang terjangkau harganya pasti akan sangat membantu warga. Bisnis anda pun akan lebih laku dibandingkan penjual lainnya.

  1. Beternak Ayam Kampung

Ayam kampung adalah jenis ternak yang akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Walau sudah banyak peternak ayam pedaging dan lebih banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Konsumen yang membutuhkan ayam kampung pun tetap ada. Jadi manfaatkan pasar tersebut untuk menjadi pasar penjualan hasil ternak anda di desa ke kota.

  1. Beternak Jangkrik

Tahukah anda bahwa ternak jangkrik menjadi salah satu jenis usaha anak muda di desa yang tidak kalah menjanjikan? Ternak jangkrik ini memungkinkan anda menghasilkan bibit hingga 1 kilogram untuk dijual. Setiap penjualan per kilogramnya bisa mendapatkan harga hingga 2 juta sampai 5 juta rupiah. Besar sekali bukan keuntungannya? Baca 5 Bisnis Jasa Terlaris Sepanjang Masa

  1. Beternak Lele

Satu lagi jenis usaha beternak yang bisa anda coba dan nikmati keuntungannya adalah ternak lele. Lele adalah jenis ikan air tawar yang menjadi salah satu jenis ikan yang dikonsumsi masyarakat secara luas. Lele ini pun memiliki pasarnya khusus. Setiap waktunya, penjual masakan lele akan memesannya dan jika anda memiliki peternakannya anda bisa bekerja sama untuk memasok lele ini.

  1. Beternak Sapi dan Kambing

Jangan lupa bahwa beternak yang paling pasti dan menjanjikan keuntungannya setiap tahun adalah sapi dan kambing. Sapi dan kambing selain menjadi daging konsumsi yang umum, juga setiap tahun dibutuhkan untuk kurban. Jadi anda bisa melakukan ternak kedua hewan ini di desa dan bawa ke kota untuk diperjualbelikan setiap tahunnya.

  1. Budidaya Buah Naga

Buah naga menjadi buah yang sangat kaya manfaat dan tidak akan mengecewakan untuk dibudidayakan. Karena kaya akan manfaat, buah naga selalu memiliki pembeli rutin. Jadi anda bisa membudidayakan buah naga ini di desa dengan lahan yang luas dan jual ke kota untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. Budidaya Sayur Organik

Terakhir, anda juga bisa mencoba melakukan budidaya sayur organik. Jenis usaha ini menjadi usaha yang menarik karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa menunjukkan pada warga desa juga bagaimana cara membudidayakan sayur dengan lebih mudah dan pastinya aman kualitas kesehatannya. Baca 10 Contoh Usaha Mikro Yang Cepat Sukses

Demikianlah tadi rekomendasi apa saja 10 usaha anak muda di desa yang dapat dicoba untuk menuju kesuksesan. Ternyata ada sangat banyak jenis usaha yang bisa anda coba lakukan bukan.

Semuanya memiliki peluang yang tinggi untuk sukses, asalkan anda tekun dan ulet dalam pengembangannya. Jadi pastikan untuk serius dalam menekuni usaha anda ini dan raih kesuksesan usaha anda.

error: Oopss. ..