Apa Saja Langkah-Langkah Dalam Mengajukan KPR Rumah

Langkah Dalam Mengajukan KPR – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah produk perbankan yang ditujukan untuk pembiayaan pembelian rumah oleh pemohonnya. Saat ini KPR sudah memungkinkan untuk memberikan pembiayaan hingga 90% dari harga rumah yang ingin anda beli. Sangat menarik bukan penawaran dari program KPR ini?

Lalu bagaimana jika anda ingin mengajukannya? Program KPR dijalankan oleh hampir semua bank dengan nama-nama yang berbeda. Namun fungsinya tetap sama, yaitu membantu pembelian rumah anda dan anda dapat melunasinya dengan cicilan.

Walau program KPR ini sangat menarik, kebanyakan nasabah masih kurang mengerti bagaimana dirinya dapat mendapatkan bantuan pembiayaan ini. Pertanyaan seperti apa saja langkah-langkah pengajuan KPR terus diajukan.

Advertisements

Anda mungkin salah satu dari nasabah yang masih bingung dengan cara mengajukan KPR ini. Tenang saja karena sekarang anda dapat mengetahuinya melalui pembahasan dalam artikel ini.

Permohonan KPR dilakukan dengan berbagai syarat yang harus dilengkapi dan juga prosedur yang harus anda lalui. Agar anda tidak mengalami masalah berarti dalam pengajuan KPR, ada baiknya anda sudah menyiapkan persyaratannya dengan lengkap dahulu. Namun apa saja berkas persyaratan itu? Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu anda siapkan:

  • Fotokopi KTP Pemohon
  • Akta Nikah
  • Kartu Keluarga
  • Slip Gaji
  • Surat Keterangan Bekerja/ Surat Keterangan Usaha
  • Buku Rekening Tabungan
  • Kartu NPWP

Langkah-langkah Pengajuan KPR untuk Anda Ikuti

Jika anda sudah menyiapkan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan, maka tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengetahui bagaimana pengajuan KPR dilakukan. Informasi mengenai langkah-langkah pengajuan KPR untuk anda ikuti dapat anda simak pada bagian di bawah ini. Semoga bermanfaat untuk anda yang masih bingung tentang pengajuan KPR.

  1. Datangi Bank dan Bawa Seluruh Syarat KPR yang Diminta

Pertama, anda perlu mendatangi bank yang ingin anda ajukan KPR. Datangi bank tersebut dengan membawa seluruh persyaratan KPR yang diminta oleh bank. Seluruh persyaratan yang disebutkan di atas harus anda lengkapi tanpa terkecuali. Jangan hanya karena berkas yang kurang, pengajuan anda tidak dapat diterima.

  1. Lalui Proses Wawancara dengan Bank dengan Baik

Setelah persyaratan di proses oleh bank, maka anda harus melalui proses wawancara. Selama melalui wawancara, pihak bank akan menilai kecocokan informasi yang anda berikan dengan yang anda katakan. Lalui proses wawancara ini dengan baik agar bank dapat menyetujui pinjaman anda. Baca UPDATE Bunga Pinjaman Bank Terendah Sampai Tertinggi Di Indonesia

Advertisements
  1. Bayar Sejumlah Uang Muka ke Pihak Properti

Program KPR memiliki syarat di mana anda harus membayar sejumlah uang muka. Uang muka ini bergantung pada persyaratan dari pihak properti. Tanpa membayar uang muka ini, pengajuan KPR anda tidak dapat bank proses. Uang muka ini semakin besar anda berikan, semakin ringan cicilan yang harus anda bayarkan.

  1. Tunggu Surat Persetujuan Perjanjian Kredit (SPPK) Diterbitkan

Pihak notaris kemudian akan menerbitkan SPPK atau surat persetujuan perjanjian kredit. Surat ini yang harus anda gunakan untuk datang ke notaris. Notaris akan membantu proses pembuatan sertifikat dan juga anda dapat menandatangani akta kredit dalam pinjaman KPR ini. Setelahnya anda harus melalui proses berikutnya.

  1. Tandatangan Akta Kredit

Akta kredit harus anda tanda tangani di depan notaris. Notaris akan mengurus juga pembuatan sertifikat dari kredit ini. Setelahnya anda sudah resmi mendapatkan pembiayaan KPR dari bank dan dapat dilakukan prosedur serah terima rumah dan sertifikat antara nasabah dan bank.

  1. Serah Terima Kunci dan Sertifikat

Anda sebagai pemohon kredit mendapatkan kunci dan pihak bank yang melakukan pembiayaan, maka sertifikat akan diberikan pada bank. Sertifikat ini akan disimpan oleh bank hingga cicilan anda lunas. Jika anda telah menyelesaikan cicilan, maka sertifikat akan dikembalikan kembali ke anda.

  1. Proses Pencicilan KPR Dimulai

Sejak anda mendapatkan kunci rumah dan menandatangani akta kredit, maka anda kemudian harus mulai proses pencicilan. Pencicilan ini harus anda bayar dengan rutin untuk segera melunasinya dan resmi rumah tersebut menjadi milik anda. Baca Lihat Maksimum Kredit Bisa Di Peroleh Konsumen Melalui KPR

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja langkah-langkah pengajuan KPR terbaru. Jadi anda sekarang sudah memahami bahwa anda harus melalui beberapa langkah hingga KPR anda disetujui. Oleh sebab itu, lalui setiap proses dengan baik hingga anda berhasil mendapatkan bantuan pembiayaan untuk rumah anda. Selamat mencoba!

Advertisements
error: Oopss. ..