Apakah Pegadaian Menerima Sertifikat Rumah Sebagai Jaminan

Banyak yang sering bertanya apakah pegadaian menerima sertifikat rumah sebagai jaminan??  Tentunya hal ini adalah salah satu hal yang cukup unik.

Dikarenakan rumah merupakan salah satu aset tetap yang jika digadaikan apalagi dijual bisa memberikan banyak keuntungan. Anda juga bisa membangun rumah – rumah yang lain sebagai alternative investasi jangka panjang.

Namun banyak juga orang yang sedang mengalami kesulitan ekonomi dan memutuskan untuk menggadaikan rumahnya untuk mendapatkan pinjaman dana dalam jumlah yang cepat.

Advertisements

Namun jika Anda hendak menggadaikan sertifikat ke pegadaian lebih baik Anda mencari informasi terlebih dahulu apakah pegadaian menerima jaminan berupa sertifikat rumah atau tidak.

Apakah Pegadaian Menerima Sertifikat Rumah Sebagai Jaminan??

Pegadaian yang termasuk ke dalam salah satu lembaga pembiayaan milik BUMN biasanya hanya menerima barang – barang tertentu yang bisa digunakan sebagai barang jaminan, mulai dari kendaraan dan barang elektronik. Baca Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan

Bagi orang yang memiliki sertifikat rumah dan membutuhkan dana cepat biasanya akan langsung dibawa ke pegadaian.

Alhasil, pengajuan permohonan dana akan di tolak dikarenakan Pegadaian belum melayani jaminan berupa sertifikat rumah.

Berikut ini adalah pernyataan resmi dari pihak Pegadaian tentang jaminan berupa sertifikat rumah :

“ Pegadaian sebagai lembaga pembiayaan milik BUMN dengan barang jaminan mamng menjadi alternatif bagi pihak yang membutuhkan dana dengan proses yang aman dan cepat. Namun hingga sekarang Pegadaian belum melayani pembiayaan dengan barang jaminan berupa sertifikat rumah. Adapun barang jaminan yang bisa di gadaikan di Pegadaian adalah kendaraan, emas, barang elektronik, dan sebagainya.”

Sudah jelas bukan jika saat ini Anda belum bisa melakukan permohonan pembiayaan dengan barang agunan berupa sertifikat rumah di pegadaian.

Namun Anda masih tetap menggadaikan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman dana secara cepat di bank konvensional.

Meskipun prosedur yang dilakukan lebih rumit daripada menggadaikan barang di Pegadaian, namun ini bisa menjadi alternatif bagian Anda.

Untuk menggadaikan sertifikat rumah di bank – bank ( hampir semua bank menerima penggadaian barang dengan jaminan sertifikat rumah ), hampir semua bank memiliki syarat dan ketentuan yang sama yaitu

  1. Barang agunan yang ditawarkan berupa sebuah rumah yang masih layak utnuk dihuni. Bukanlah sebuah rumah yang sudah tua, kosong, atau tidak dirawat.
  2. Lokasi rumah yang dijadikan sebagai barang jaminan atau agunan berada di lokasi yang aman, bukan di daerah yang rawan bencana alam.
  3. Lokasi rumah jaminan berada di lokasi yang strategis dan tidak berada di lokasi berbentuk tusuk sate.
  4. Sertifikat rumah yang digunakan untuk jaminan pinjaman harus merupakan milik sendiri jika tidak maka harus dilakukan pengajuan jaminan yang berbeda.

Setelah mengetahui hal di atas sebaiknya Anda jangan membawa sertifikat di Pegadaian atau Anda akan langsung di tolak oleh pihak Pegadaian. baca Jam Operasional Pegadaian

Demikian ulasan mengenai apakah pegadaian menerima sertifikat rumah sebagai jaminan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

8 Produk Pegadaian yang Bisa Anda Gunakan

Selama ini kita mengenal pegadaian sebagai lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman melalui bermacam-macam produk.Padahal sebenarnya pegadaian tak hanya menyediakan produk peminjaman saja, tapi beberapa produk investasi yang bermanfaat bagi masyarakat.Mau tahu apa saja produk yang ditawarkan oleh pegadaian? Ini dia 8 produk pegadaian yang bisa Anda gunakan.

Advertisements

  1. Produk Gadai Konvensional

Produk ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh dana dengan cara menjaminkan suatu barang seperti televisi, sepeda, komputer dan lainnya.Bunga yang diberlakukan untuk produk ini pun cukup rendah yakni sekitar 0,75 – 1,15% per 15 hari. Produk ini juga aman karena dijamin oleh hukum gadai UU Hukum Perdata 1150 – 1160.

  1. Produk Gadai Berbasis Fidusia

Produk gadai fidusia diperuntukkan bagi usaha produktif kelas kecil hingga menengah (UKM) yang membutuhkan suntikan dana sebagai modal.

Produk ini diwujudkan dalam bentuk kredit KREASI dengan prosedur pengajuan yang mudah dan cepat bahkan dalam waktu 3 hari kredit sudah bisa dicairkan.Jangka waktu peminjaman pun bervariasi 1 hingga 3 tahun.

  1. Produk Gadai Syariah (Rahn)

Produk gadai ini tak jauh berbeda dengan produk gadai konvensional yakni sama-sama menahan benda dari peminjam sebagai jaminan atas hutang yang dimilikinya.Hanya saja produk ini menggunakan prinsip syariah tidak mengenal sewa modal atau tidak menerapkan bunga pinjaman. Sebagai gantinya, diberlakukan sewa tempat (ujrah) kepada peminjam.

  1. Produk Gadai Sistem Angsuran

Produk ini memiliki konsep layaknya gadai konvensional namun diperuntukkan bagi pengusaha mikro dan menerapkan sistem angsuran.

Peminjam memperoleh dana dengan cara menggadaikan barang berharganya kemudian diwajibkan membayar pinjamannya dengan cara dicicil.Jangka waktu angsuran bervariasi mulai dari 1 hingga 3 tahun dengan bunga 0,9% per bulan atau 11,8% per tahun.

  1. Investasi Emas

Selain menawarkan pinjaman, pegadaian juga menawarkan produk investasi emas dengan cara tunai maupun angsuran.

Masyarakat bisa membeli lempengan logam mulia yang ditawarkan pegadaian seberat 1 hingga 1.000 gram.Pegadaian bahkan menawarkan arisan emas demi mendorong masyarakat untuk berinvestasi produk logam mulia.

  1. Jasa Penitipan

Masyarakat bisa menyimpan barang seperti surat berharga di pegadaian dengan membayar sewa tempat.Jasa penitipan ini menjadi solusi ketika masyarakat membutuhkan tempat penyimpanan yang terjamin aman ketika mereka harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama.

Jangka waktu penitipan selama dua minggu hingga satu tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

  1. Jasa Taksiran

Bila Anda kesulitan menaksir barang berharga yang dimiliki, Anda bisa menggunakan jasa penaksiran dari pegadaian.Pegadaian akan menguji nilai terhadap barang berharga seperti perhiasan emas atau batu permata yang Anda miliki. Baca Cara Pembayaran Cicilan Pegadaian

  1. Jasa Sertifikasi Batu Mulia

Layanan jasa sertifikasi batu mulia atau G-Lab Pegadaian akan menilai keaslian batu permata, logam mulia maupun batu berharga lainnya.

Apabila hasil pengujian menunjukkan bahwa batuan tersebut asli, maka pegadaian akan menerbitkan sertifikat terhadap batu tersebut. Ini 8 produk pegadaian yang bisa Anda gunakan dan bisa dicoba untuk mengelola keuangan Anda.

Advertisements
error: Oopss. ..