Ini Syarat Pinjaman Dengan Agunan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri Syariah

Proses pinjam meminjam untuk mendapatkan dana tambahan saat ini bukanlah hal yang aneh lagi, bahkan tidak jarang. Bahkan tidak jarang juga masyarakat saat ini menggunakan sertifikat rumah sebagai agunan untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang lebih besar.

Peminjaman dengan agunan yang terjamin keamanannya adalah yang dilakukan oleh bank. Pinjaman bank pun diketahui memiliki perhitungan suku bunga yang jelas disertasi juga dengan jangka waktu yang jelas.

Keuntungan ini yang membuat memilih bank menjadi tempat menggadaikan sertifikat rumah untuk pinjaman dana adalah pilihan yang tepat. Lalu bagaimana jika anda ingin pinjaman yang jenisnya syariah?

Advertisements

Pinjaman dengan prinsip syariah juga dapat anda dapatkan dari bank saat ini. Seperti diketahui mayoritas bank saat ini sudah memiliki cabang syariah. Seperti juga bank Mandiri yang cukup terkenal dengan suku bunganya yang rendah dan menjadi bank favorit nasabah mengajukan pinjaman dengan gadai.

Bank Mandiri memiliki bank syariah yang dinamakan dengan Bank Mandiri Syariah (BMS). Jadi bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman dana bantuan ke Bank Mandiri, namun ingin pinjaman yang anda lakukan berprinsip syariah maka cobalah ajukan pinjaman anda ke BMS. Baca Solusi Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survay

Syarat Pengajuan Pinjaman dengan Agunan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri Syariah (BMS)

Ini Syarat Pinjaman Dengan Agunan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri Syariah

Image By ktabank.com

BMS atau Bank Mandiri Syariah seperti diketahui memang menyediakan program untuk anda dapat menggadaikan sertifikat rumah anda dan mendapatkan pinjaman dana. Namun selain sertifikat rumah, sebenarnya anda juga dapat menggadaikan sertifikat tanah dan jenis sertifikat bangunan lainnya.

Pinjaman yang dilakukan dengan agunan sertifikat ini kemudian akan menentukan nilai pinjaman maksimal yang dapat diberikan dari nilai barang yang digadaikan. Jadi sudah terdapat standar resmi terkait besar jumlah pinjaman berserta juga suku bunganya.

Namun walau anda sudah memiliki jaminan, tetap saja pengajuan pinjaman harus dilakukan dengan melengkapi syarat-syarat.

Advertisements

Syarat ini disiapkan untuk melengkapi agunan sertifikat rumah yang anda miliki tadi agar prosesnya menjadi lebih mudah. Apa saja kira-kira syarat tersebut? Berikut ini daftar syarat yang dibutuhkan.

Syarat Legalitas Pemohon Pinjaman:

Jenis syarat pertama yang perlu anda lengkapi adalah syarat-syarat berkas untuk menunjukkan data diri pemohon pinjaman adalah asli dan tidak palsu. Anda cukup menyiapkan semua berkas yang akan disebutkan berikut ini. Baca Bunga Pinjaman Bank Terendah Sampai Tertinggi

Jika semua berkas lengkap, maka anda akan ditandai sebagai pemohon yang resmi (legal) dan tidak bermasalah secara ketentuan bank. Berkas yang dapat membuktikan legalitas pemohon antara lain adalah:

  • Fotokopi KTP, mencakup KTP suami dan istri jika sudah menikah
  • Fotokopi Akta Nikah, jika sudah menikah
  • Fokotopi Kartu Keluarga, memuat nama pemohon di dalamnya
  • Surat Persetujuan dari Suami atau Istri Pemohon, harus asli bermaterai
  • Surat Pernyataan Keterangan Belum Menikah Asli, jika belum menikah
  • Fotokopi Akta Cerai, jika sudah bercerai
  • Fotokopi Surat Kematian, jika suami atau istri pemohon sudah meninggal

Syarat Legalitas Jaminan (Sertifikat Rumah):

Selain menyiapkan berkas-berkas yang dapat membuktikan legalitas pemohon secara hukum, selanjutnya pemohon juga harus menyiapkan berkas-berkas yang dapat membuktikan bahwa jaminan dalam hal ini sertifikat rumah yang akan digadaikan adalah sah secara hukum. Berkas-berkas yang harus disiapkan tersebut, antara lain adalah:

  • SHM/ SHGB/ SHGU/ Sertifikat Hak Milik Rumah Susun/ DSB, Asli
  • PBB disertai Bukti Pembayaran, asli atau fotokopi
  • IMB untuk menentukan nilai harga rumah tanpa taksiran kasar.

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja syarat yang harus anda siapkan, jika ingin mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah di Bank Mandiri Syariah. Tentunya anda sudah tidak perlu repot-repot lagi sekarang dalam menyiapkan berkas-berkas dan mencari contohnya secara online.

Anda dapat menyiapkan berkas-berkas tersebut sejak awal agar proses yang perlu dijalani pun dapat dijalani lebih cepat. Akhirnya, anda pun dapat lulus tepat waktu dengan tidak menunggu-nunggu informasi diumumkan secara resmi. Baca Pinjaman Bank BCA Jaminan Sertifikat Rumah

Jika anda terlalu khawatir dan tidak yakin dengan apa saja beras-beras yang perlu disediakan, maka saat ini anda pasti sudah tidak khawatir lagi. Cukup dengan mengikuti semua informasi di atas, dipercaya masalah hukum anda tidak akan berbuntut panjang. Uang pinjaman pastinya dapat anda miliki sesuai harga motor yang kau gadai, jika anda hanya menggadai di tempat yang tepat!

error: Oopss. ..