Solusi Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survay ,Kenali Apa Saja Resikonya

Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survay – Saat anda sedang membutuhkan uang, seringkali anda harus menggadaikan apa yang anda punya untuk menghasilkan uang tersebut dengan cepat. Gadai adalah usaha untuk anda menjadikan benda yang anda punya sebagai jaminan untuk mendapatkan sejumlah uang pinjaman.

Besar pinjaman biasanya bergantung dengan benda apa yang anda gadaikan. Jika anda membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar, maka benda yang harus anda gadai pun haruslah bernilai besar contohnya sertifikat tanah. Tentunya memiliki sertifikat tanah yang dapat digadai ini menjadi solusi yang paling mudah untuk dilakukan banyak orang.

Namun prosedur dalam menggadai sertifikat tanah tidaklah mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya adalah melewati proses survey. Apakah anda pernah mendapatkan tawaran gadai sertifikat tanah tanpa survey? Jika pernah, maka anda harus berhati-hati karena ada resiko dari tipe gadai seperti ini.

Advertisements

Resiko gadai sertifikat tanah tanpa survey memang sangatlah menggiurkan. Apalagi karena waktu yang sangat banyak dihemat dalam proses pencairan dana yang anda butuhkan. Jika tanpa melalui survey, maka biasanya ada banyak syarat yang harus disetujui terlebih dahulu menjadi tidak diperlukan.

Biasanya kemudahan gadai sertifikat tanah tanpa survey dan berbagai kemudahannya ini ditawarkan oleh pemberi pinjaman yang tidak memiliki lembaga keuangan resmi. Pastinya lembaga keuangan yang resmi akan melakukan proses pencairan dana melalui gadai sertifikat tanah dengan melalui proses survey.

Jika anda menggadaikan sertifikat tanah anda ke bukan lembaga keuangan resmi yang tidak memerlukan survey kemudian memberikan resiko. Sebelum anda memutuskan akan menggadai sertifikat ke bukan lembaga resmi ini, sebaiknya anda mengenali apa saja resikonya. Baca Pinjaman Karyawan Jaminan Jamsostek

Kenali Apa Saja Resiko Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, penting untuk anda memilih lembaga keuangan resmi untuk menjadi penerima gadai sertifikat tanah. Walaupun memang anda dapat dengan mudah menggadaikan sertifikat tanah ini ke lembaga tidak resmi, namun resiko-resiko yang akan anda hadapi cukup banyak.

Apa saja resiko gadai sertifikat tanah tanpa survey yang dilakukan oleh lembaga keuangan tidak resmi? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Harga Gadai Biasanya Lebih Kecil dari Nilai Agunan

Hal yang pertama menjadi resiko yang harus siap anda hadapi adalah terkait harga gadai yang bisa anda dapatkan. Jika anda menggadaikan sertifikat tanah tanpa survey ke lembaga tidak resmi, maka anda akan dimanfaatkan dari nilai gadai yang anda dapatkan.

Jika anda menggadaikan sertifikat tanah, maka pinjaman uang yang bisa anda dapatkan biasanya tidak sampai 50% dari harga jual tanah. Hal ini sangat merugikan dibandingkan jika anda menggadaikannya ke lembaga resmi dengan perhitungan yang jelas berapa nilai agunan anda sebenarnya.

  1. Keberadaan Sertifikat Tanah Tidak Terjamin Keamanannya

Selain harga gadai yang tidak standar, resiko lain yang harus anda ketahui adalah terkait keamanan sertifikat tanah anda. Lembaga keuangan tidak resmi diketahui tidak memiliki standar pengamanan di mana sertifikat yang digadaikan akan disimpan.

Advertisements

Bisa saja pemberi pinjaman hanya akan menyimpan sertifikat di rumah dan tidak terjamin keamanannya. Baca  Proses Pencairan Kredit/KTA Bank

Belum lagi, jika ternyata sertifikat anda kemudian digadaikan lagi. Tentunya menjadi sangat membahayakan nantinya apakah sertifikat anda dapat aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah.

  1. Bunga Pinjaman Tidak Standar

Resiko lain jika anda memberikan sertifikat tanah anda digadaikan tanpa survey dan standar proses yang biasa, maka anda harus siap jika bunga pinjaman yang diberikan tidak standar.

Akan ada bunga pinjaman per bulan yang sangat fantastis besarnya, karena biasanya penerima gadai sertifikat tanah tanpa survey adalah pemberi pinjaman peroangan yang dikenal juga dengan istilah rentenir.

Lebih baik anda memilih menggadaikan ke lembaga yang sudah resmi saja dan memiliki sitem bunga pinjaman berstandar.

Solusi Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survay ,Kenali Apa Saja Resikonya

  1. Masa Pembayaran Angsuran Tidak Standar

Jenis resiko lainnya adalah terkait masa pembayaran angsuran. Tidak ada perhitungan masa pembayaran angsuran yang terstandar.

Hanya pengambilan bunga per bulan yang lebih dikedepankan, hingga anda bisa sampai membayar bunga melebihi jumlah pinjaman karena tidak adanya masa pembayaran yang jelas ini. Itulah sebabnya anda akan sangat dirugikan dan beresiko juga kehilangan agunan sertifikat tanah anda nantinya.

Demikian informasi mengenai gadai sertifikat tanah tanpa survey yang harus anda kenali. Setelah mempelajari mengenai hal-hal di atas, tentunya anda dapat mengetahui bahwa ada resiko yang cukup besar yang harus siap anda hadapi. Baca Syarat Gadai Motor Di Pegadaian Syariah

Oleh sebab itu, secara keseluruhan disarankan anda lebih memilih lembaga keuangan resmi sebagai tempat menggadaikan sertifikat tanah anda. Jangan sampai anda merugi dan membahayakan keamanan sertifikat tanah anda hanya karena ingin terhindar dari proses survey yang sebenarnya tidak terlalu lama juga untuk dijalani.

Advertisements
error: Oopss. ..