Tahapan Proses Pencairan Kredit/KTA Bank Mandiri Sampai Dana Cair

Apakah proses pencairan kredit bank Mandiri cukup rumit dan memakan waktu lama sampai dana bisa dicairkan? Sebagaimana yang kita tahu, di bank manapun pastinya memerlukan proses atau tahapan yang harus dilalui, terkait setiap kredit yang diajukan nasabah, mulai dari tahap pengajuan hingga pencairan.

Berbagai Tahapan Proses Pencairan Kredit Bank Mandiri

Nah, untuk lebih jelasnya terkait tahapan apa saja yang harus dilalui, mulai dari pengajuan hingga pencairan, berikut kami bagikan ulasan lengkapnya.

  • Pengajuan

Datanglah ke cabang bank Mandiri terdekat yang ada di kota anda. Ambil nomor antrian untuk berkonsultasi dengan customer service. Baca Pinjam Uang 10 Juta tanpa Jaminan

Advertisements

Selanjutnya, utarakan keinginan anda untuk mengajukan kredit tersebut. Biasanya pihak customer service akan menawarkan sejumlah produk yang dimiliki oleh bank Mandiri. Jadi, anda sebaiknya mempelajari dulu mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dalam hal pemilihan produk pinjaman, saran kami, sebaiknya anda mencari informasinya terlebih dahulu melalui internet, dan cobalah untuk melihat review dari nasabah yang sudah menggunakan produk tersebut.  Cari tahu kelemahan dan kelebihannya ada di mana, kemudian anda tinggal menyimpulkan apakah produk tersebut cocok untuk anda atau tidak.

  • Melengkapi Persyaratan

Setelah anda selesai berkonsultasi dengan customer service, misalnya anda mengajukan kredit untuk memperoleh tambahan modal bagi usaha anda, maka tahap selanjutnya tahap melengkapi persyaratan.

Lengkapilah persyaratan yang diminta oleh bank dengan cepat. Semakin cepat anda mengumpulkannya, semakin cepat juga dana dari kredit yang anda inginkan bisa cepat cair.

Contoh persyaratannya yang biasanya diminta adalah sebagai berikur :

  • Rekap penghasilan usaha minimal selama 3 bulan terakhir.
  • Rekap pengeluaran minimal 3 bulan terakhir.
  • SKU, SIUP dan juga TDP.
  • Surat keterangan beda nama, apabila terdapat sedikit perbedaan nama dari dokumen dokumen yang anda bawa.
  • KTP, Kartu Keluarga.
  • Persyaratan yang lainnya disesuaikan dengan jenis kredit yang anda ajukan.
  • Survey

Nah, pada tahap survey ini akan ada pihak petugas survey dari bank yang datang bertamu ke rumah dan tempat usaha anda. Tahap survey ini sangat penting dilakukan oleh bank Mandiri untuk tetap menjaga prinsipnya agar selalu berhati-hati dalam memberikan penyaluran dana kepada nasabah. Hal ini demi menjaga amanah dari nasabah yang lain yang telah menyimpan uang di bank Mandiri.

  • BI Checking

Apabila survey telah berhasil dilakukan, dan petugas bank juga sudah memiliki sejumlah penilaian sementara, maka langkah selanjutnya adalah mengecek aktivitas kredit dari nasabah yang bersangkutan melalui BI Checking.

Dengan BI Checking bank Mandiri akan mengetahui secara gamblang apakah nasabah tersebut pernah memiliki pinjaman dari bank lain atau tidak. Jika  iya, bagaimana perihal pembayaran yang dilakukan oleh nasabah tersebut, selalu lancar, kah, atau justru malah sebaliknya.

Di samping penilaian melalui BI Checking akan dianalisa juga melalui penilaian appraisal. Appraisal sendiri adalah langkah yang dilakukan oleh bank Mandiri untuk mengetahui nilai aset  yang diberikan nasabah sebagai jaminan untuk kredit, misalnya seperti sertifikat tanah, BPKB, dan lain sebagainya.

Proses serta hasil dari BI checking tidak akan diberi tahu pada nasabah, karena hal tersebut merupakan rahasia bank Mandiri. Namun, hasil dari proses appraisal apabila memang positif atau layak, maka akan terlihat dengan ditandai datangnya petugas dari bank yang melakukan pengukuran tanah, mengecek kondisi bangunan, pengecekan nomor mesin kendaraan anda atau jaminan lainnya yang anda berikan.

  • Tahap Proses Analisa

Seluruh data yang sudah nasabah berikan, semuanya akan diolah oleh analis. Proses analisanya sendiri yaitu meliputi hasil penilaian appraisal, hasil data BI Checking, data penghasilan rata-rata per bulan, seperti gaji dan omset usaha, jumlah plafond yang diajukan, dan lain sebagainya.

Intinya dalam tahap ini, pihak bank akan melihat kondisi karakter pembayaran yang kemungkinan akan dilakukan nasabah, pengalamannya selama di dunia bisnis, nama baik nasabah, modal yang dimiliki, nilai jaminan dan kondisi-kondisi lain yang bisa menunjang untuk menghasilkan keputusan akhir..

Nah, jika ternyata proses analisa mendapatkan persetujuan, maka dalam waktu dekat anda pasti akan segera dikabari tentang hal tersebut . Baca Pinjam Uang 5 Juta Tanpa Jaminan

  • Tahap Akad kredit

Akad kredit merupakan tahap akhir dari rangkaian proses pengajuan kredit. Akad kredit sendiri memuat tentang syarat dan ketentuan kredit yang anda ambil. Biasanya proses daripada akad kredit baru akan ditanda tangani setelah mencapai kesepakatan dari 2 pihak, yaitu antara pihak bank dan anda serta dilakukan di hadapan notaris bank.

Advertisements

Saran kami, bacalah baik-baik isi perjanjian yang diberikan sebelum anda tanda tangani. Misalnya perhatikan seperti jangka waktu bunga, denda apabila terjadi keterlambatan, penalty jika melakukan pelunasan di awal dan lain sebagainya. Apabila anda setuju dengan ketentuan yang terdapat dalam isi perjanjian tersebut, dan merasa tidak akan terbebani maka segeralah lakukan tanda tangan.

Setelah itu, akad kredit akan segera diajukan pada admin bank, untuk segera di proses dan anda tinggal menunggu pencairan dari uang yang anda ajukan tersebut.

Bagaimana? Apakah menurut anda tahapan proses pencairan kedit bank mandiri berbelit-belit? Sekilas mungkin iya, tapi jika anda juga gesit dalam memenuhi persyaratan yang diinginkan bank Mandiri, misalnya dalam melengkapi dokumen dan persyaratan lainnya, maka pengajuan kredit pun akan dapat segara dinikmati dengan waktu yang relatif singkat.

Tahapan Proses Pencairan KTA Mandiri Berapa Lama, ya?

Sedang menunggu dana cair dari KTA Mandiri, namun Anda tidak tahu berapa lama proses yang dibutuhkan sampai dana tersebut cair? Jangan khawatir, pada postingan kali ini kami akan membahas topik tersebut, yakni tentang proses pencairan KTA Mandiri, dan hal terkait lainnya.

Waktu Tunggu Sampai Dana KTA Mandiri Cair

Tahapan proses dalam pengajuan KTA Mandiri tentu membutuhkan waktu, tidak bisa langsung cair hanya dalam  waktu 1 hari saja. Setelah seluruh persyaratan dan data yang anda ajukan diterima, maka bank Mandiri akan menganalisanya terlebih dahulu dengan sangat teliti. Termasuk hasil credit history dari proses BI Checking.

Selain itu, karena pengajuan KTA Mandiri sangat banyak, apabila ada tanggal merah karena hari-hari besar nasional, maka proses analisa pun akan dihentikan sementara, sehingga menambah lama/lambat waktu pencairan. Baca Mengajukan Pinjaman Karyawan

Perlu diketahui, sebenarnya normal waktu tunggu sampai pada tahap pencairan KTA Mandiri adalah selama 7-14 hari. Namun, dalam beberapa kasus yang terjadi, bisa juga lebih cepat dan bisa juga lebih lambat dari itu, tergantung pada kondisi-kondisi yang telah disinggung di atas tadi.

Apabila anda ingin mendapatkan jawaban yang lebih pasti dan akurat, anda bisa langsung mengunjungi cabang bank Mandiri terdekat yang ada di kota anda, dan tanyakanlah pada customer service mengapa belum ada jawaban dari dana KTA Mandiri yang ingin anda cairkan. Alternatif lainnya, anda pun bisa langsung menghubungi call center dari bank Mandiri.

Keistimewaan KTA Mandiri

KTA Mandiri sama sekali tidak mensyaratkan calon debiturnya memiliki kartu kredit terlebih dahulu, seperti produk KTA yang ditawarkan oleh bank lain.

Dan menariknya lagi, KTA Mandiri dapat diakses oleh semua kalangan baik itu yang berstatus sebagai karyawan perusahaan, ataupun seorang wiraswasta. Keistimewaan lainnya, KTA Mandiri memberikan penawaran pinjaman dari mulai 5 juta rupiah sampai dengan 200 juta rupiah.

Tidak hanya itu saja, jika kebanyakan produk KTA di bank lain hanya menyediakan jangka waktu pinjaman yang rata-rata cuma 3 pilihan, KTA Mandiri ini menawarkan sampai 5 pilihan tenor kredit, loh, yaitu dari 12, 18, 24, 30 sampai dengan 36 bulan.

Bahkan, apabila pembayaran gaji anda (payroll) juga dilakukan di bank Mandiri, maka anda pun bisa memperoleh  tenor pinjaman  dengan lebih lama lagi, yaitu 60 bulan alias 5 tahun.

Sementara untuk tingkat bunga yang ditetapkan saat ini adalah sebesar 1,75% per tahun. Nah, bunga yang dikenakan akan jauh lebih rendah lagi apabila anda juga tercatat sebagai nasabah dari payroll Mandiri.

Apakah Ada Pembatasan untuk Penggunaan KTA Mandiri?

Jawabannya adalah :tidak. Bank mandiri sama sekali tidak membatasi penggunaan dari KTA Mandiri yang disalurkan pada debitur, asalkan tidak pakai untuk hal-hal yang menentang aturan hukum, kesusilaan serta ketertiban umum. Baca Pengajuan KTA Mandiri Ditolak

Nah, jika anda lolos seleksi menjadi debitur dari KTA Mandiri, maka anda bisa mempergunakan dana tersebut misalnya untuk renovasi rumah, pernikahan, kesehatan, kebutuhan keluarga sampai untuk tambahan modal usaha yang sedang anda jalankan.

Apa Saja Biaya-Biaya yang Harus Dikeluarkan Terkait Dengan KTA Mandiri?

  • Bagi nasabah yang berusia kurang dari 50 tahun maksimalnya adalah 3% dan bagi nasabah yang sudah diatas 50 tahun maksimalnya adalah 3,5 % dari limit KTA Mandiri yang telah disepakati oleh bank. Biaya tersebut telah mencakup biaya administrasi, biaya provinsi dan asuransi jiwa.
  • Pelunasan yang dilakukan lebih cepat daripada tenor pinjaman akan dikenakan 5% dari sisa utang pokok yang masih harus dilunasi.

Nah, demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai proses pencairan KTA Mandiri, serta pembahasan terkait lainnya yang dapat menunjang wawasan anda tentang KTA Mandiri. Semoga bermanfaat.

Advertisements