Tata Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian 2018,Bisa Gak Ya??

Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian – Meminjam uang dengan menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan sering dilakukan ketika sedang membutuhkan uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Selain melalui layanan bank, ternyata Anda bisa juga melakukan hal ini di pegadaian. Tentunya, Anda harus mengetahui tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian mengingat hal ini cukup beresiko.

Tahapan Menggadaikan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian tentu mengurangi rasa khawatir akan adanya penipuan. Sebagai perusahaan pemerintah tentu pegadaian menyediakan layanan pinjaman yang aman bebas penipuan.

Selain itu, prosesnya juga mudah dan cepat. Langkah-langkah menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian yakni sebagai berikut :

  1. Menyiapkan sertifikat asli rumah

Langkah pertama menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian adalah menyiapkan sertifikat rumah yang hendak digadaikan.

Pastikan rumah merupakan milik pribadi, atas nama Anda sendiri dan tidak berada dalam kondisi sengketa maupun masih dalam proses kredit.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari permasalah di kemudian hari apabila Anda gagal menebus pinjaman.

  1. Fotokopi identitas diri

Selain sertifikat rumah, dokumen penting lainnya yang harus dipersiapkan adalah fotokopi identitas diri (KTP atau SIM) beserta aslinya.

Anda juga perlu menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) untuk melengkapi persyaratan gadai sertifikat rumah. Setelah semua dokumen tersebut lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi pegadaian.

  1. Mengisi form permohonan

Sesampainya di pegadaian, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir permohonan penitipan. Isilah dengan informasi yang benar dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Setelah selesai pengisian, serahkan formulir kepada petugas. Baca yak Pinjaman dengan Jaminan Ijazah

  1. Mencari informasi mengenai biaya gadai, besaran bunga dan informasi lainnya

Selama berada di pegadaian, Anda bisa mencari informasi mendetail terkait biaya gadai, jenis gadai, jangka waktu penitipan maupun besaran bunga gadai.

Biaya gadai umumnya adalah biaya administrasi pengurusan gadai yang disesuaikan dengan jenis pinjaman. Tentunya semakin besar nilai pinjaman maka semakin besar pula biaya administrasinya.

Pegadaian menyediakan layanan gadai syariah, gadai angsuran dan gadai konvensional. Mintalah informasi mengenai ketiga jenis gadai ini, kemudian pilih yang sesuai dengan kondisi ekonomi Anda.

Memilih jenis gadai yang sesuai kondisi ekonomi sangat penting jenis gadai akan mempengaruhi besaran bunga yang harus Anda bayarkan tiap bulannya.

  1. Pencairan dana

Kelebihan dari gadai sertifikat rumah di pegadaian adalah prosesnya cepat dan mudah. Setelah terjadi kesepakatan dengan petugas.

Anda bisa mencairkan dana pinjaman yang tadi diajukan. Proses pencairan dana ini pun cepat sekitar satu hingga tiga hari.

Tata cara gadai sertifikat rumah di pegadaian memang mudah, namun, mengingat resikonya yang cukup besar, akan lebih baik jika Anda menggadaikan harta benda lainnya sebagai jaminan peminjaman. Baca dulu Gadai Motor di Pegadaian

Barang-barang seperti televisi, handphone, kamera, motor dan harta bergerak lainnya tidak terlalu membebani Anda jika Anda kesulitan menebus pinjaman di kemudian hari.