UPDATE Pinjaman Jaminan Sertifikat Atas Nama Orang lain ,Bisa Kok

Pinjaman Jaminan Sertifikat Atas Nama Orang lain  – Tidak semua orang dapat leluasa mengajukan pinjaman ke bank saat ini, apalagi terkait syarat harus adanya jaminan dalam pengajuan pinjaman. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah jika pemohon memang memiliki jaminan yang dipersyaratkan, misalnya jaminan berupa sertifikat rumah.

Namun bagaimana jika pemohon tidak memiliki jaminan tersebut? Apakah pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain mungkin dilakukan? Jika mungkin apa yang harus diperhatikan dalam permohonan jenis pinjaman ini?

Ternyata jenis permohonan pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain mudah kok untuk dilakukan. Namun memang jenis permohonan ini belum terlalu banyak diketahui secara umum.

Advertisements

Masyarakat lebih populer dengan informasi bahwa seseorang yang ingin mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah wajib memiliki sertifikat yang menggunakan namanya. Tapi tidak begitu kenyataannya. Saat ini walau sertifikat rumah atas nama orang lain, anda pun bisa mengajukan permohonan pinjamannya. Baca Mengajukan Pinjaman BCA Jaminan BPKB Motor Bisa Kok KKB Refinancing saja

Apa saja syarat dan ketentuan untuk mengajukan jenis permohonan seperti ini? Anda dapat mengetahui penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini. Berdasarkan hasil survey dari beberapa pengalaman nasabah ternyata pengajuan jenis pinjaman ini bukan saja mungkin dilakukan tetapi juga sangat mudah dalam prosesnya.

Jika anda semakin penasaran, maka simak penjelasan di bawah ini dan pahami mengenai seluruh persyaratan dan ketentuannya.

Syarat dan Ketentuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain

Ada sangat banyak kasus di mana seseorang ingin mengajukan sertifikat rumah milikinya sebagai jaminan pinjaman, namun terhalang karena sertifikat masih atas nama orang lain. Hal ini dapat terjadi misal pada pemilik rumah baru yang memiliki sertifikat rumah atas nama pemilik lama, atau bisa juga terjadi pada anak yang memiliki sertifikat rumah atas nama orang tua sebagai pewaris.

Jadi ternyata dalam kondisi seperti itu pun anda dapat mengajukan pinjaman. Tentunya persyaratan dan ketentuan yang dibutuhkan berbeda dengan pengajuan pinjaman jaminan sertifikat rumah biasanya. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa syarat dan ketentuan yang berbeda. Baca Pinjaman Uang Jaminan BPKB Motor Di Pegadaian ,15 Menit Cair

Advertisements
  1. Buat Surat Kuasa dari Orang Tua ke Pewaris

Jika sertifikat rumah yang ingin anda jadikan jaminan pinjaman adalah atas nama orang tua, maka jika orang tua anda masih hidup dengan mudah anda cukup membuat surat kuasa. Surat kuasa ini berisikan informasi bahwa orang tua anda memberikan anda kuasa sebagai pewaris rumah untuk mengajukan pinjaman menggunakan rumah tersebut sebagai jaminan. Orang tua anda pun perlu membubuhkan tanda tangan di atas materai dan memiliki saksi untuk kekuatan hukumnya.

  1. Buat Surat Pernyataan Seluruh Anggota Keluarga Pemilik Lama

Lalu bagaimana jika sertifikat tersebut atas nama pemilik lama dari rumah? Tentu anda dapat menggunakan surat pernyataan bahwa rumah tersebut telah dijual. Surat tersebut harus ditandatangani bukan hanya oleh pemilik lama yang tercantum namanya dalam sertifikat, tetapi juga harus ditandatangani oleh seluruh anggota keluarganya.

Suami atau istri, anak-anak, adik, dan semua anggota keluarga dari si empunya rumah sebelumnya harus ikut menandatangani surat pernyataan tersebut.

  1. Lakukan Balik Nama, Jika Memungkinkan

Terakhir, jika anda tidak dapat melakukan kedua cara di atas dengan alasan tertentu maka anda harus melakukan balik nama. Proses balik nama memang sedikit lebih lama dari kedua cara di atas, namun bukan berarti sulit untuk dilakukan.

Anda dapat membalik nama sertifikat langsung menjadi nama anda kepemilikannya dan proses peminjaman dengan jaminan sertifikat rumah ini pun dapat segera anda lakukan. Jadi pastikan untuk melengkapi syarat-syarat balik nama ya.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja syarat dan ketentuan pinjaman jaminan sertifikat rumah atas nama orang lain yang dapat dengan mudah anda coba. Ternyata ada 3 kemungkinan cara dan sebaiknya anda lakukan semuanya. Hal ini akan sangat menghemat waktu dan mempersingkat proses permohonan juga nantinya. Baca UPDATE Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman Kupedes BRI

Terlebih lagi jika anda tidak memiliki satu saja syarat, biasanya proses pengajuan pinjaman ke bank ini akan tertahan. Lebih baik berjaga-jaga dengan segala berkas yang mungkin disiapkan, daripada pengajuan anda kemudian menjadi tidak berarti. Jika sudah memiliki persyaratan yang dibutuhkan, maka anda dapat segera mengajukan permohonan untuk memproses pengajuan pinjaman. Selamat mencoba!

Advertisements
error: Oopss. ..